Tetesan Surga Di Selatan Jogja: Cantiknya Pantai Midodaren Yang Belum Banyak Dijamah Pemburu Konten

 

    Lama juga blog ini cuma keisi sama satu tulisan aja hahaha, rasa magernya naudzubillah :’). Soo hai again travellove, kali ini aku mau share soal salah satu pantai cantik yang ada di Gunung Kidul. Yap, namanya Pantai Midodaren, ada juga yang nyebut Pantai Widodaren, kayanya gaada bedanya karena setau aku si dalam bahasa jawa artinya sama sama bidadari. Sesuai sama namanya emang pantainya secantik itu love, walaupun mungkin memang ngga terlalu luas, tapi nggak tau kenapa ya liat ombak di sekitaran pantai ini tu rasanya satisfying banget.


Potret Ombak Di Pantai Midodaren
Potret Ombak Di Pantai Midodaren

    Gimana-gimana? Cantik kan? Hahaha, jadi pantai ini punya tebing karang yang bagus banget kalo ombaknya lagi tinggi (sayang aku ngga ngefotoin pas ombaknya pecah kena tebing karangnya). Pantainya landai lengkap dengan pasir putih dan air yang berwarna biru tosca. Tebing karangnya cukup luas bisa juga dijadiin tempat buat camping. Selain itu, tempat ini udah dilengkapi sama semacam gazebo dan toilet juga jadi aman. Cuma kurangnya tempat ini belum ada tempat sampah jadi waktu kemarin aku kesana lumayan banyak botol aqua yang bercecer. Kadang juga ada ibu-ibu yang jualan disini cuma buat jaga jaga jangan lupa bawa air minum sendiri dan beberapa snack kalo kesini. 

Dimana dan Berapa Tiketnya?

Lokasi Pantai Midodaren

    Lokasi pantai ini ada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jadi pantai ini ada di barat Pantai Baron atau sebelah timur Pantai Ngrenehan. FYI ya love, sebenernya aku tu berniat mau ke Pantai Torohudan, tapi karena udah nanya sampe 5 kali ngga ketemu-ketemu akhirnya kita belok ke Pantai Midodaren (ini juga plangnya kecil love jadi kudu jeli ngeliatnya) yang ternyata cantik banget khu khu. Nah, taunya pantai Midodaren ini dari bapak bapak yang jaga bagian retribusi, dan ngasi tau kalo pantai ini bagus.

                Nah, ketika sampe dibagian retribusi kita dikenakan biaya tiket Rp 5000,- aja perorang. Untuk masa-masa new normal kaya gini kalian bakal dicek suhu tubuhnya dan disuruh menyerahkan KTP. Tapi, santai aja KTPnya ngga ditahan kok cuma difoto aja love. Nah, setelah itu kita keaarah pantai ngrenehan dan naik dikit kearah timur sekitar 200 meter. Nah, nanti kalian bakal ngeliat beberapa plang kayu kecil yang nunjukin arah ke beberapa pantai. Kalau si pantai midodaren ini lokasinya setelah Pantai Torohudan.

                Nantinya kalian bakal ketemu jalan tanah gamping berbatu gitu disebelah kanan jalan (inget ya ini arahnya dari Pantai Ngrenehan). Dari situ kalian harus jalan sekitar 1,5 kilometer, tapi bersyukurlah karena jalannya udah bisa dilewatin mobil dan motor, jadi ngga perlu jalan kaki jauh. Jangan lupa juga ya kalo bawa motor di cek bensinnya jangan sampe mepet, ntar kalo abis dorongnya jauh love. Setelah 1,5 kilometer kalian akan sampai di parkiran yang viewnya kaya gini nih….

View dari Parkiran

    Nah, habis tu kalian ngga bakal langsung ketemu pantainya ni, dari parkiran kalian bakal ketemu view macem gini....


View Tebing Karang

    Dari situ kalian cuma perlu jalan sekitar 5 menit aja untuk sampai ke pantainya dan bebas main air, tapi tetep jangan lupa hati hati ya love. Saran aku ya walaupun kalian ngga niat main air tetep bawa ganti aja siapa tau nanti pas udah turun berubah pikiran kan. Oh iya, ditangga mau turun ke pantainya ada kotak sumbangan bertulisan Rp 2000,- 

Tangga Di Pantai Midodaren

    Wdyt? Cocok kan buat ngabisin hari sabtu minggu kamu disana? Tapi mungkin bakal agak rame kalo weekend, kemarin aku beruntung soalnya 2 rombongan aja termasuk punyaku (plis jangan bayangin rombongan yang banyak banget, cuma berempat). Dan itupun rombongan pertama Cuma sebentar jadi bener-bener tempat berasa punya sendiri. Seinget aku juga ada 2 pantai lagi yang lokasinya deket tinggal jalan kaki dari pantai ini.

Tips and Trick

    Jadi tips and trick dari aku kalo mau kesini mending pagi sekalian atau sore sekalian aja karena, kemaren kesalahan aku pas sampe sana itu udah jam 11 dan panasnya luar biasa membakar, pas lagi pasang juga jadi main airnya ngga bisa terlalu ketengah.

  1. Jangan lupa bawa minum secukupnya, snack yang bisa ganjel perut, kalo mau bawa bekal makanan berat bisa juga biar ala ala piknik.
  2. Siapin kendaraan dan jangan lupa isi bahan bakar.
  3. Karena kondisi jalannya cukup berdebu jangan lupa bawa masker
  4. Disini juga kalo mau update story atau buka ig even aku udah pake telkomsel juga tetep susah, so better kalian manfaatin waktu sebaik baiknya tanpa internet
  5. Jangan ambil apapun kecuali foto (sebanyak banyaknya juga gapapa) dan jangan ninggalin apapun apalagi sampah yang ngga bisa didaur ulang
  6. Kalau masih ada yang pengen ditanyain, bisa kirim pesan lewat direct message di @nencywulan, nanti akan aku jawab sebisa aku khu khu J 











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Tersembunyi di Jogja: Pantai Watu Nene, Sumbanya Yogyakarta

Pilihan Wisata saat Pandemi, Tracking ke Telaga Dringo, Telaga Tertinggi di Jawa Tengah