Pilihan Wisata saat Pandemi, Tracking ke Telaga Dringo, Telaga Tertinggi di Jawa Tengah



Travelove setuju ngga kalo masa pandemi kaya gini kita tetep pengen traveling ke berbagai destinasi, tapi kadang terhambat sama rasa worry kalo harus ke tempat wisata yang banyak orangnya, apalagi kalo pengunjung lain ngga menerapkan protokol kesehatan dengan baik.  Nah, pergi berwisata ke destinasi wisata alam bisa jadi pilihan buat kamu yang pengen ‘dolan’ tapi tetep bisa jaga jarak aman sama yang lain. Kali ini aku mau kasi satu rekomendasi tempat wisata alam di Jawa Tengah tepatnya di sekitar daerah Dieng, Banjarnegara.

Pasti udah ngga asing dong ya sama nama Dieng? Dieng adalah kompleks wisata yang terletak di daerah dataran tinggi, dan merupakan bagian dari dua kabupaten yang berbeda yaitu Wonosobo dan Banjarnegara. Beberapa tempat wisata di Dieng seperti Gn. Prau, Candi Arjuna, Kawah Sikidang hingga Telaga Warna banyak menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. Tapi ada satu tempat yang menurut aku masih belum ramai dan bisa kamu jadiin destinasi wisata untuk dikunjungi saat pandemi gini (dan semoga si setelah aku post tulisan ini dan fotonya di instagram, tempatnya juga jangan jadi rame-rame amat ya :’)).

Nama tempatnya adalah Telaga Dringo (Tlogo Dringo atau Sidringo) yang lokasinya ada di Pakisaran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Berdasarkan letaknya yang ada di dataran tinggi, Telaga Dringo ini menjadi telaga yang tertinggi di Jawa Tengah. Soal keindahannya nggak perlu diragukan lagi, cantiiiik bangeeeeeeet. Banyak orang bilang telaga yang satu ini mirip Ranu Kumbolo di Semeru, tapi kalo menurut aku telaga yang satu ini malah lebih mirip sama Situ Patenggang di Jawa Barat (ya walaupun akunya juga belom pernah ke sana).



            Menurut kalian lebih mirip Ranu Kumbolo atau Situ Patenggang?





Waktu yang pas untuk datang kesini sebenarnya saat sunrise di musim kemarau, tapi Telogo Dringo dimusim hujan juga nggak kalah indah kok. Wisata alam yang satu ini ngga hanya cocok untuk kamu jadikan pilihan wisata saat datang ke Dieng tapi juga pas dijadikan tempat untuk mendirikan tenda dan bermalam bersama dengan teman-teman. Kebayang dong ya, bangun tidur langsung disambut pemandangan yang menawan (kalo ngga turun kabut tebal ya love). Oh iya, FYI ya guys untuk campnya itu cuma bisa dilakukan di tempat yang udah disediain aja ya, jadi untuk camp di pinggir telaganya persis itu nggak diperbolehkan.

Untuk akses jalan menuju kesini ngga perlu khawatir love, udah muluuus banget sekarang. Selain itu juga untuk tracking dari tempat camp turun ke telaganya itu juga ngga jauh, sekitar 5 menitan aja, tapi hati-hati ya jalannya luar biasa terjal dan licin. Sebenernya tahun 2019 lalu aku pernah kesini waktu musim kemarau buat sunrise-an dan bersyukur karena dapet yang super magical, cuma ya telaganya agak surut waktu itu. Tahun lalu juga jalannya masih batu-batuan love belom semulus sekarang, jadi pas balik kesini lagi kemaren waktu musim hujan auto ter wah wah sama perkembangannya yang cepet banget. Dari yang nggak ada loket dan retribusi parkir, sekarang udah ada. Buat fasilitas toiletnya si kayanya sebentar lagi juga bakal selesai.



Tapi sayangnya perbaikan akses dan fasilitas di Telaga Dringo ini belum diimbangi sama kesadaran kebersihan dan pengelolaan sampahnya, karena sangat minim disediakan tempat sampah disini. Salut banget sama temen-temen yang udah pernah camp di sini dan sampahnya dibawa pulang tapi sayangya ada yang bungkus indomienya di tinggal gitu aja di pinggir telaga. Sayang banget dong ya padahal tempat yang satu ini udah jadi bagian dari cagar alam di Jawa Tengah.

keliatan kan tu ada bungkus indomie


Pesen aku buat travelove yang mau berwisata kesini saat pandemi gini jangan lupa patuhi protokol kesehatan, bawa healthy kit kalo bisa, tetap sayangi alam kita, biar nanti kalo kesini lagi masih bisa menikmati tempat yang asri, indah dan menawan. Feel free kalo ada yang mau tanya-tanya soal tempat ini bisa dm di instagram aku @nencywulan and see you on my next post love :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Tersembunyi di Jogja: Pantai Watu Nene, Sumbanya Yogyakarta

Tetesan Surga Di Selatan Jogja: Cantiknya Pantai Midodaren Yang Belum Banyak Dijamah Pemburu Konten